Anggaran Pengadaan Alkes Untuk Penanganan Corona Di Banten 115 Milliar

Pemprov Banten menyiapkan anggaran Rp115 miliar untuk pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk penanganan virus corona atau Covid-19.

infobanten.id | Pemprov Banten menyiapkan anggaran Rp115 miliar untuk pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk penanganan virus corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten yang juga juru bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Banten, Ati Pramuji Hastuti mengaku, meski pemprov  memiliki anggaran untuk membeli namun stok APD di pasaran minim.

“Kita memiliki anggaran Rp 115 miliar untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan (alkes). Tapi masalahnya di pasaran langka. Kalaupun ada harus pesan dan itu inden. Dan mudah-mudahan akhir April ini sudah dikirim dari penyedia,” kata Ati, Jumat, (27/03/2020).

Sementara, Ketua DPRD Banten, Andra Soni mengatakan, secara teknis pemprov melalui organisasi perangkat daerah (OPD) lebih memahami apa yang menjadi kendala di lapangan.

“Dewan dalam hal ini tentu tidak memiliki kemampuan teknis. Apalagi terkait dengan penyediaaan barang. Tapi, kami mendukung sepenuhnya upaya-upaya yang dilakukan pemprov. Dan kami bersedia dijadikan bagian dari gugus tugas penanggulangan bencana ini dan diberikan tugas apa yang mampu kami lakukan,” jelasnya.

“Apalagi soal APD, tentunya memiliki standar khusus yang sesuai dengan SOP (Standar Operasioanl Prosedur) kesehatan. Sehingga tidak semua boleh atau bisa membuat APD,” sambungnya.

Politis Gerindra mengaku, saat ini DPRD Banten tetap melakukan tugas dan fungsinya yaitu melakukan monitoring, pengawasan. Meski begitu, dirinya menegaskan, pihaknya tidak akan mencampuri apa yang dikerjakan Pemprov Banten dalam penanggulangan Covid-19.

“Kami lihat sampai saat ini apa yang dikerjakan oleh pemprov sudah benar. Tinggal meningkatkan koordinasi dengan wilayah kabupaten/ kota agar tidak tumpang tindih,” tandasnya. (*)