Bantu Warga Terdampak Corona, BKPP Arahkan ASN Tangsel Sisihkan Rp 150 Ribu

Kepala BKPP Tangsel, Apendi

infobanten.id | Banyaknya warga yang terdampak akibat penyebaran Covid-19, membuat Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Apendi terenyuh dan membuat surat edaran (SE).

Surat Edaran tersebut mencantumkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel turut berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Tangerang Selatan dengan cara membantu meringankan beban masyarakat yang lebih membutuhkan.

Yang tercantum dalam Surat Edaran Nomor: 443 / 1843 / BKPP Tentang Donasi Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19.

Dalan edaran tersebut, ASN di Pemkot Tangsel agar menyisihkan sebagian dari penghasilannya sebesar Rp 150.000 selama 3 bulan, terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juni 2020, sebagai bentuk solidaritas kepada masyarakat terdampak Covid-19.

“Sudah di acc pimpinan. Walaupun disebutkan dalam surat edaran donasi senilai Rp 150 ribu per bulan untuk jangka waktu hingga Juni, tapi jika wabah selesai Mei ya sudah cukup sebulan saja,” terang Kepala BKPP Tangsel, Apendi, Rabu (29/4).

Nantinya, donasi yang telah terkumpul disalurkan oleh perangkat daerah ke Badan Amil Zakit Nasional (Baznas) Tangsel.

Lanjut Apendi, dirinya terenyuh ketika mendengar dan turun langsung mengecek kondisi di lapangan adanya beberapa warga dan profesi yang terdampak akibat Covid-19.

“Saya melihat tukang ojek enggak ada orderan dan berebutan saat menerima bantuan. Belum lagi ada yang mengeluh ‘saya tukang urut yang dari kemarin gak dapat pemasukan. Anak saya empat, istri saya satu. Gimana pak?’ Itu yg buat saya sedih,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya edaran tersebut, bisa membantu meringankan beban warga Tangsel. Terlebih jumlah ASN di Tangsel berjumlah 4.731.

“Jika ASN jumlahnya 4.731 dan satu paket bernilai 150 ribu tentunya akan sangat membantu,” tutup Apendi. (*)