BAPPEDA Kabupaten Serang Fokus 7 Hal Pada RPJMD 2021 – 2026

infobanten.id | Kab. Serang. Setelah sukses mengatur ritme dan mendorong program di setiap OPD, Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang terus berupaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Serang.

Kepala Bappeda Kabupaten Serang Rachmat Maulana melalui Kabid Perencana Strategis Bappeda Kabupaten Serang, Asep Saefullah mengatakan, Pemkab Serang melalui Bappeda telah menyusun Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Ada sejumlah isu strategis dan visi-misi yang akan dilakukan melanjutkan RPJMD 2016-2021, yaitu mengacu pada pelayanan dasar masyarakat.

Bappeda Kabupaten Serang fokus dalam 7 hal yang seluruhnya mengacu pada pelayanan dasar masyarakat antara lain,meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan bagi masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pengembangan infrastruktur dasar daerah, dan percepatan penanggulangan kemiskinan.

Kabid Perencana Strategis Bappeda Kabupaten Serang, Asep Saefullah

“Kemudian, penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik, pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan berbasis sumber daya ekonomi lokal, peningkatan ketenteraman, keamanan, dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, pemerataan pembangunan antar wilayah (kecamatan), perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, peningkatan kemampuan fiskal daerah untuk pendanaan pembangunan, serta peningkatan kualitas lingkungan permukiman dan perumahan,” Ungkap Kabid Perencana Strategis Bappeda Kabupaten Serang, Asep Saefullah.

Selanjutnya, menurut Asep Saefullah, fokus dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik, pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan berbasis sumber daya ekonomi lokal, peningkatan ketenteraman, keamanan, dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, pemerataan pembangunan antar wilayah (kecamatan), perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, peningkatan kemampuan fiskal daerah untuk pendanaan pembangunan, serta peningkatan kualitas lingkungan permukiman dan perumahan.

Asep Saefullah menambahkan, Pada RPJMD 2021-2026 juga terdapat visi-misi pembangunan yang akan dituangkan melalui program kwdjat. Visinya terwujud Kabupaten Serang yang semakin maju, sejahtera, berkeadilan, dan agamis.

Semakin Maju berarti pembangunan dilakukan di segala sektor untuk meningkatkan pelayanan dasar dan perekonomian masyarakat yang didukung pembenahan infrastruktur di seluruh wilayah Kabupaten Serang. Kemudian, Sejahtera artinya perwujudan terpenuhinya kebutuhan lahiriah (pangan, sandang, papan, kesehatan, dan pendidikan) dan kebutuhan batiniah (agama dan budaya) masyarakat Kabupaten Serang. Kesejahteraan yang seperti itulah yang akan membentuk kepercayaan diri yang tinggi pada masyarakat Kabupaten Serang untuk mencapai kualitas kehidupan yang semakin baik.

“Berkeadilan maksudnya pembangunan di Kabupaten Serang dilakukan secara merata dengan memperhatikan aspek kewilayahan dan mempertimbangkan aspek sosial-ekonomi masyarakat untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Sementara maksud dari Agamis, yakni perwujudan implementasi norma agama dan nilai budaya sebagai landasan moral dan spiritual dalam seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, dalam rangka penyelenggaraan pembangunan yang dilaksanakan seluruh masyarakat Kabupaten Serang,” terang Asep Saefullah.

Selanjutnya, visi akan dijabarkan ke dalam enam misi. Yakni meningkatkan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan layanan pendidikan yang bermutu di setiap jalur dan jenjang pendidikan, serta melestarikan dan mengembangkan tradisi budaya sebagai kearifan lokal yang tumbuh dan hidup di tengah masyarakat; meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata, dan terjangkau yang didukung tenaga kesehatan yang profesional.

“Meningkatkan pembangunan sarana prasarana wilayah, penataan ruang dan pemukiman yang memadai dan berkualitas; meningkatkan kemandirian dan daya saing ekonomi masyarakat untuk optimalisasi penyerapan tenaga kerja dan penanggulangan kemiskinan; meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik serta pelayanan publik yang prima didukung kapasitas birokrasi yang berintegritas, kompeten, dan profesional dengan dilandasi oleh keadilan dan kesetaraan gender; serta memantapkan fungsi dan peran agama sebagai landasan moral dan spiritual dalam kehidupan individu, bermasyarakat, dan bernegara,” pungkasnya.

Untuk menciptakan kemajuan pembangunan, harus dilakukan di segala sektor untuk meningkatkan pelayanan dasar dan perekonomian masyarakat yang didukung pembenahan infrastruktur di seluruh wilayah Kabupaten Serang yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. ( Advertorial )