Basarnas Banten Latih warga Jadi Penolong pertama

Basarnas Banten Bersama Unsur SAR Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak

Lebak, Infobanten.id | Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten gencar melakukan pelatihan Pencarian dan Pertolongan korban kepada masyarakat agar dapat menjadi Penolong Pertama terhadap korban guna menekan angkan kematian yang terjadi akibat bencana alam maupun kecelakaan.

Dengan melibatkan unsur SAR seperti Polri, TNI, PMI, Tagana dan BPBD, Kantor Pencarian dan Pertolongan Provinsi Banten menggelar pelatihan Pencarian dan Pertolongan di Aula Hotel Pesona Ayu, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Kamis (02/05/2019).

Kapolsek Bayah AKP Tatang Warsita mengatakan jika pelatihan seperti ini sangatlah penting bagi masyarakat di wilayah bayah. Geografis yang berbukit serta laut dengan gelombag yang kuat membuat wilayah bayah sangatlah rentan terhadap korban akibat bencana maupun kecelakaan laut.

“Pertolongan ini sangat penting, ada tiga cara dalam pertolongan melalui Udara, Darat dan Laut. Selaku Kapolsek Bayah say berterima kasih Basarnas berkenan warga kami diberikan pembekalan untuk menjadi Penolong Pertama, bagi warga yang mengikuti pelatihan agar memperhatikan dengan serius,”kata Kapolsek Bayah AKP Tatang Warsita dalam sambutannya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kasubsi Sumberdaya Kantor Pencarian dan Pertolongan Provinsi Banten Nono Warsono, banyaknya laporan kecelakaan laut yang terjadi di wilayah Kecamatan Bayah menjadi alasan mengapa masyarakat harus dapat melakukan pertolongan secara mandiri namun tetap dapat menjaga keselamatan diri agar tidak menambah jatuh nya korban.

“Kita berikan materi pembinaan korban, metode pertolongan dan tekhnik-tekhnik SAR lainnya, yang bertujuan membentuk kualitas sumberdaya SAR di wilayah yang berpotensi terhadap pencarian dan pertolongan korban,”kata Kasubsi KPP Provinsi Banten Nono Warsono.

Wilayah selatan Banten yang memang menjadi wilayah terjauh dari KPP Provinsi Banten dan Posko Unit Basarnas sangat diperlukannya tenaga SAR untuk menjadi Penolong Pertama guna penyelamatan nyawa korban dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat disekitat.

“Kita akan lihat terlebih dahulu, dengan pembekalan yang kita telah berikan, jika kualitas sumberdaya SAR baik kemungkinan akan kita buatkan Posko Unit untuk membantu memberikan pertolongan pertama,”pungkas Nono. (Alf/inf)