Bupati Iti Octavia Minta Pemuda Harus Inovatif Sejahterakan Warga

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya

infobanten.id | Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta pemuda harus memiliki inovatif dan kreatif untuk mensejahterakan masyarakat melalui pelatihan keterampilan juga pemberdayaan ekonomi.

“Jika pemuda itu inovatif dan kreatif sehingga dapat membantu pemerintah daerah untuk menciptakan kemandirian di masyarakat itu,” kata Iti Octavia di hadapan peserta Karang Taruna di Lebak, Jumat.

Kehadiran pemuda sangat strategis dalam rangka mendorong kesejahteraan masyarakat, sehingga dapat mengatasi kemiskinan dan urbanisasi. Selama ini, banyak masyarakat Kabupaten Lebak mencari pekerjaan ke luar daerah hingga luar negeri.

Padahal, kata dia, jika dikelola dan digali potensi sumber daya alam (SDA) pertanian, perkebunan, pertambangan pariwisata dan perikanan maka dipastikan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Potensi SDA itu bisa saja untuk menciptakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), karena didukung bahan baku melimpah. Selain itu juga pemuda harus memiliki inovatif dan kreatif dengan menggelar pelatihan ketrampilan agar mereka memiliki kecakapan hidup sehingga kelak ke depan bisa hidup mandiri.

“Kami yakin bila pemuda itu memiliki kompetensi ketrampilan dapat hidup mandiri dan mampu meningkatkan kesejahteraan warga setempat,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya mendukung pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna sebagai pelopor penggerak pembangunan di masyarakat untuk meningkatkan kemandirian itu.

Dengan demikian, kata dia, kunci kemandirian itu harus dipersiapkan pemuda sebagai generasi harus bersatu padu membangun kesejahteraan masyarakat.

“Kami siap menjalin kerja sama dengan Karang Taruna untuk mewujudkan kebangkitan masyarakat agar memiliki motivasi tinggi untuk menciptakan lapangan pekerjaan itu,” ujarnya.

Bupati juga mengajak pemuda dapat menyampaikan sosialisasi untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat bahwa pentingnya menerapkan protokol kesehatan guna mencegah pandemi COVID-19.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Lebak Kuncoro Adakiri mengatakan pihaknya ke depan akan menciptakan program pemuda yang memiliki daya saing di tengah pandemi COVID-19.

Selama ini, pemuda usia produktif dapat berperan aktif untuk menjembatani kesejahteraan masyarakat di antaranya program pelatihan kewirausahaan, ketrampilan dan pemberdayaan ekonomi.

“Kami optimistis jika pemuda itu memiliki daya saing maka mereka akan melahirkan kemandirian hidup dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” katanya. (*)