Bupati Serang Prioritaskan Guru PAUD Melaui Program Beasiswa

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan sambutan saat pelantikan pengurus Himpaudi Kabupaten Serang, di Aula Tb. Suwandi Setda Kabupaten Serang Senin, 06/01/2020.

infobanten.id | Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memprioritaskan para guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan memberikan beasiswa di perguruan tinggi negeri dalam rangka meningkatkan rata-rata lama sekolah.

“Kami memulai dari dasarnya, yaitu dari PAUD untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah, oleh karena itu kami membuat program beasiswa sarjana untuk para pendidik guru PAUD,” kata Bupati Tatu saat pelantikan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Serang, di Aula Tb. Suwandi Setda Kabupaten Serang Senin.

Program beasiswa untuk para guru PAUD tersebut selain untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah, juga untuk menyiapkan tenaga pendidik yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

“Karena kita tahu untuk mendidik anak PAUD ini berbeda dengan anak SD, jadi saya takut salah kaprah guru PAUD dalam memberikan pendidikan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Serang memberikan beasiswa khusus kepada para guru Paud agar berkualitas dan bisa diandalkan.

ia menjelaskan, untuk mendorong masyarakat di Kabupaten Serang ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi minimal SI, salah satu yang menjadi target adalah guru. Karena selain mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, para guru juga bisa memanfaatkan ilmunya untuk diterapkan kepada anak didik.

Menurutnya, tingkat kecerdasan anak 50 persen terbentuk sejak usia dini, sehingga melalui pendidikan PAUD yang gurunya memiliki kemampuan mendidik sesuai dengan yang dibutuhkan, maka akan meningkatkan kecerdasan anak di tingkat yang lebih tinggi, baik tingkat SD maupun SMP dan seterusnya.

“Dengan demikian, PR untuk para guru SD dan SMP sudah terbantu sebagian oleh para guru PAUD, karena anak dengan kecerdasan yang bagus juga akan lebih mudah menerima pendidikan ditingkat selanjutnya,” kata Tatu.

Ia menambahkan, garda terdepan yang sudah dicanangkan oleh Pemda Serang dalam pendidikan adalah PAUD, yang sudah dimulai sejak empat tahun yang lalu . Dan tahun ini sebanyak 351 guru PAUD yang sudah diberikan beasiswa oleh Pemda Serang.

“Insya Allah tahun ini diwisuda sebanyak 331 guru, dan sisanya tahun depan,” katanya. (*)