Cuaca di Lebak Diprediksi Ekstrem, BPBD Imbau Warga Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, mengimbau masyarakat di daerah ini mewaspadai cuaca ekstrem yang ditandai hujan sedang hingga lebat, angin kencang dan badai petir.

infobanten.id | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, mengimbau masyarakat di daerah ini mewaspadai cuaca ekstrem yang ditandai hujan sedang hingga lebat, angin kencang dan badai petir.

“Peringatan imbauan itu untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi, Jumat.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) diprakirakan sejumlah wilayah Kabupaten Lebak dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga disertai kilat atau petir dan angin kencang.

BPBD Lebak menyampaikan peringatan kewaspadaan cuaca buruk tersebut kepada aparatur kecamatan, desa dan kelurahan serta relawan.

Potensi cuaca ekstrem itu berpotensi menimbulkan bencana alam, sehingga masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan.

Apalagi, wilayah Kabupaten Lebak masuk kategori daerah langganan bencana alam, seperti banjir, longsor, kebakaran, kekeringan, krisis air bersih, angin kencang hingga gempa.

“Kami berharap melalui peringatan kewaspadaan itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material,” katanya.

Menurut dia, potensi bencana alam di Kabupaten Lebak meliputi Kecamatan Lebakgedong, Cipanas, Muncang, Sobang, Cibeber, Cileles, Gunungkencana, Wanasalam, Cigemblong, Cihara, Bojongmanik, Cimarga, Cigemblong, Rangkasbitung, Cilograng, Maja, Bayah, Curugbitung, Panggarangan, Cikulur, Cijaku, Banjarsari dan Cirinten.

Bahkan, belum lama ini ribuan warga mengungsi akibat banjir bandang dan longsor yang menerjang Kecamatan Lebak Gedong, Sajira, Cimarga, Cipanas dan Curugbitung dan Maja.

Banjir bandang dan longsor tersebut mengakibatkan sembilan warga meninggal dunia juga puluhan jembatan dan sekolah, pesantren kondisi hilang dan rusak berat.

“Kami minta warga yang tinggal di lokasi rawan bencana alam jika hujan terus menerus dengan intensitas lebat dan sedang sebaiknya mencari lokasi yang aman,” ujarnya. (*)