Di depan Walikota se-Indonesia, Helldy Ajak Bangkitkan UMKM

infobanten.id | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menggelar Apeksi Outlook di Segara Village, Sanur, Denpasar, Bali pada 17-19 Desember 2021. Pada kesempatan itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian mengajak seluruh walikota se-Indonesia untuk membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sekadar diketahui, acara dihadiri walikota dari seluruh Indonesia. Pada acara itu, Helldy diberi kesempatan untuk berorasi di atas podium mewakili Apeksi Komisariat III. Helldy mengatakan bahwa pandemi yang melanda selama dua tahun terakhir membuat seluruh sektor terdampak, termasuk UMKM.

“Saya mendorong agar kita bersama-sama untuk membangkitkan ekonomi. Sebab selama pandemi, sektor UMKM paling terdampak,” ajak Helldy dalam siaran pers, Sabtu (18/12/2021).

Namun demikian, kata Helldy, dalam beberapa bulan terakhir seiring menurunnya kasus Covid-19, UMKM sudah mulai menggeliat berkat kerja sama dan kolaborasi semua pihak.

“Refleksi 2021 bahwa kita perlu terus berkolaborasi. Tidak bisa berdiri sendiri, tapi perlu semua pihak. Di Apeksi, kita diskusi bersama saling memberi masukan dan kerja sama,” pintanya.

Sementara itu, Walikota Tarakan, Kalimantan Utara, Khaerul, yang mewakili Komisariat V sependapat dengan Helldy soal pentingnya membangkitkan UMKM.

“60 persen PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) berasal dari UMKM. Demikian juga 78 persen tenaga kerja kita diserap UMKM,” katanya.

Sementara Walikota Denpasar Gusti Ngurah Jaya Negara mengapresiasi Apeksi yang menggelar kegiatan di daerahnya. Diakuinya, ekonomi Bali sangat terpuruk selama pandemi karena bergantung pada sektor pariwisata.

“Bayangkan, selama pandemi pertumbuhan ekonomi di Bali minus 9,42 persen,” keluhnya.

Terkait itu, Ketua Umum Apeksi Bima Arya Sugiarto mengatakan, pihaknya sengaja menggelar kegiatan di Bali sebagai solidaritas dan membangkitkan pariwisata di Bali. Pihaknya juga membuka 33 stand untuk memamerkan hasil kerajinan daerah.

“Saya minta belanja di sini jangan nawar,” pintanya.

Bima juga mengajak para walikota untuk saling mendukung agar ekonomi segera bangkit setelah pandemi.

“Intinya, kita harus saling mendukung demi kota yang kita cintai,” ajak Walikota Bogor ini.

“Saya minta belanja di sini jangan nawar,” pintanya.

Bima juga mengajak para walikota untuk saling mendukung agar ekonomi segera bangkit setelah pandemi.

“Intinya, kita harus saling mendukung demi kota yang kita cintai,” ajak Walikota Bogor ini. (Red)