Dinas Ke Luar kota, Satu Orang Komisioner Bawaslu RI Positif Corona

Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo terkomfirmasi positif corona atau Covid-19 hasil pemeriksaan swab virus corona baru atau Covid-19 di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (07/08/2020).

infobanten.id | Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo terkomfirmasi positif corona atau Covid-19 hasil pemeriksaan swab virus corona baru atau Covid-19 di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (07/08/2020).

Ratna terinfeksi corona saat tengah mengurus kelengkapan dokumen kesehatan di dinas kesehatan setempat, ketika ingin kembali ke Jakarta usai menjalankan dinas di Kota Palu.

“Namun dalam hasil swab test dirinya (Ratna Dewi Pettalolo) dinyatakan positif,” terang
rakannya Komisoner Bawaslu RI Mochammad Afifuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/6).

Kabar tersebut baru diketahui pihak Bawaslu ketika Ratna Dewi Pettalolo mengirimkan pesan yang beredar luas di grup WhatsApp, soal penambahan 20 orang konfirmasi positif di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah kemarin.

“Dari 20 orang tersebut, 16 orang berada di Kota Palu. Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen menjelaskan, kabar atas hal ini didapatkan dari pesan WhatsApp yang diduga dari Dewi. Teman? mohon doanya. Saya kemarin swab untuk persiapan ke Jakarta. Hasilnya positif”,” beber Afifuddin.

Beberapa hari lalu, kata Afifuddin, Ratna Dewi Pettalolo berada di Palu dalam rangka memimpin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penindakan Pelanggaran, dengan menggelar zoom meeting dari Kantor Bawaslu Kota Palu.

Saat itu kondisi kesehatan Ratna Dewi Pettalolo baik dan tidak menunjukan gejala penyakit Covid-19.

Namun dalam pemeriksaan tersebut ia dinyatakan positif dengan kategori Orang Tanpa Gejala.

“Masuk kelompok orang tanpa gejala (OTG). Ada 4 orang dari Bawaslu. InsyaAllah malam ini (Minggu, 7 Juni) masuk RS Undata. Mohon doa dan mohon maafatas segala khilaf dan salah, begitu pesan yang tersebar dari Dewi yang disampaikam Afifuddin.

Dari kasus positif ini, dua Anggota Bawaslu Provinsi Sulteng yang sempat bersama Ratna Dewi dalam kegiatan di Bawaslu Kota Palu akan melakukan Rapid Test, dan sementara waktu melakukan karantina mandiri di rumah.

Sementara Dewi bersama tiga orang stafnya dari Jakarta melakukan isolasi di RSUD Undata Palu. (*)