Dinas Kesehatan Kab Serang Integrasikan Data TNI Polri Maksimalkan Vaksinasi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi dan Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa.

infobanten.id | Kab. Serang. Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Serang terus fokus pada target vaksinasi dengan mengintegrasikan data vaksinasi yang dilakukan TNI dan Polri. Integrasi data dilakukan sesuai arahan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengikuti intruksi Pemerintah Pusat.

Wakil Bupati Serang Pandi Tirtayasa di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Agus Sukmayadi menyebutkan, vaksinasi merupakan program nasional jadi semua komponen di libatkan untuk melaksanakan vaksinasi.

Pemerintah Pusat menekankan agar integrasi dilakukan karena jika hanya mengandalkan Pemerintah Daerah (pemda) khususnya Dinas Kesehatan  target waktu maupun jumlah untuk segera divaksinasi seluruh masyarakat Indonesia akan terlambat.

“Sesuai intruksi Pemerintah Pusat telah mengarahkan semua institusi termasuk TNI, Polri BIN, Parpol semua melaksanakan vaksinasi agar capaian vaksinasi tidak terlambat,” ujar Agus Sukmayadi belum lama ini kepada infobanten.id

Untuk dosis vaksin baik Pemda, TNI, Polri dan lainnya semua mendapatkan alokasi melalui Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Semua data di integrasikan dengan pelaksanaan vaksin nya agar hasilnya bisa sesuai target.

“Hasil dari agenda vaksinasi baik di TNI, Polri BIN dan lainnya tengah berjalan dan diintegrasikan untuk mencapai hasil jumlah masyarakat  Kabupaten Serang yang sudah vaksin. Kita integrasi data di Kodim, Polres, TNI AU, Parpol dan semua di integrasikan berapa yang sudah di vaksin, karena kami sekarang masih berpegang data yang kami lakukan melalui dinkes,“katan Agus.

Berdasarkan data hasil vaksinasi dari Dinkes Kabupaten Serang, baru mencapai 21 persen. Data tersebut sementara hasio integrasi yang terus berjalan.

“Saat ini  data masyarakat yang sudah divaksin di Kabupaten Serang sejumlah 21 persen, baik dilakukan kodim, polres atau institusi lain. Itu untuk dosis pertama, target hitung 70 persen dari 1,6 juta” paparnya.

Dari jumlah tersebut diketahui terdapat 1 juta warga Kabupaten Serang masih menjadi target vaksin. Dinas Kesehatan Kabupaten Serang terus memaksimalkan pelayanan bekerjasama seluruh unsur agar 70 persen warga komunitas sudah divaksin itu akan terbangun here imunity.

Guna mencapai target tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Serang sesuai arahan Bupati Serang dan Wakil Bupati Serang berencana menyiapkan pembentukan tim vaksinasi yang mengintegrasikan semua komponen. “Bentuk kesiapan tersebut yakni dengan SK Bupati Serang Tim Vaksinasi dengan basis sasarannya adalah kecamatan dan desa, libatkan TNI dan Polri. OPD pastikaan jadwalnya karena vaksinasi bukan hanya tugas dinkes, tapi OPD, camat kades wajib mengarahkan masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi,” tambah Agus.

Selain itu, inventarisasi ketersediaan tenaga kesehatan atau nakes yang memiliki tugas pokok di perbantukan dari klinik swasta. Saat ini terdapat 92 orang nakes vaksinator klinik swasta yang membantu proses vaksinasi di Kabupaten Serang. Tenaga Kesehatan perbantuan juga diturunkan dari klinik swasta di Kabupaten Serang, selain itu hal hal lain yang menjadi trobosan alokasi vaksinasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Serang juga terus dimaksimalkan. (Advertorial)