Dishub Banten bantu Bus Untuk Pelayanan Penumpang Pekerja

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten membantu satu unit bus pelayanan penumpang

infobanten.id | Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten membantu satu unit bus pelayanan penumpang bagi pekerja sehubungan pemerintah melarang pemudik Lebaran 1442 Hijriah.

“Kita bantu pekerja yang hendak menuju Jakarta bisa naik bus dari Rangkasbitung menuju Stasiun Cikoya secara gratis,” kata Kepala Dishub Banten Tri Nurmanto saat meninjau pelayanan bus di Terminal Sunakalijaga Kabupaten Lebak, Jumat.

Bantuan kendaraan bus tersebut guna mendukung mobilitas angkutan bagi pekerja sehubungan Stasiun Rangkasbitung ditutup dan tidak melayani penumpang,terkait pelarangan mudik Lebaran.

Saat ini, kata dia, bantuan bus itu terdapat dua unit kendaraan dari Dishub Banten dan Dishub Kabupaten Lebak.

Para penumpang yang bekerja di Jakarta bisa naik angkutan bus secara gratis, namun mereka harus memegang Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dari perusahaan bersangkutan. Sebab jika mereka tidak memegang SIKM dikhawatirkan mereka penumpang pemudik.

“Kami tidak melayani penumpang yang tidak dilengkapi SIKM,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, keberangkatan bus pelayanan penumpang pekerja itu melalui Terminal Sunankalijaga Rangkasbitung-Cikoya pada Pukul 06.00 wib, Pukul 15.00 WIB dan Pukul 20.00 WIB.

Begitu juga keberangkatan dari Cikoya-Rangkasbitung Pukul 08.00 WIB, Pukul 14.00 WIB dan Pukul 22.00 WIB.

Pelayanan penumpang itu mulai diberlakukan 6-17 Mei 2021 dan diharapkan masyarakat yang bekerja di Jakarta bisa memanfaatkan angkutan bus tersebut.

Selama ini, ujar dia, pihaknya mendukung langkah kebijakan pemerintah pusat untuk pelarangan mudik guna mencegah penyebaran COVID-19. Bahkan petugas Dishub Banten juga membantu penyekatan di sejumlah titik di wilayah Cilograng, Cipanas dan Curugbitung untuk memutarbalikan kendaraan pemudik Lebaran.

“Jangan sampai kasus pandemi COVID-19 kembali naik maka dilakukan penyekatan untuk mencegah kendaraan pemudik itu,” katanya menegaskan.

Sementara itu, sejumlah penumpang mengaku bahwa dirinya tentu sangat terbantu adanya bus yang mengangkut menuju Stasiun Cikoya, sebab Stasiun Rangkasbitung ditutup secara resmi tidak melayani penumpang, terkait pelarangan mudik Lebaran.

“Kami merasa lega bisa bekerja ke Jakarta dengan naik bus menuju Stasiun Cikoya dan memegang SIKM dari perusahaan itu,” kata Muhidin, warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak. (*)