Enam Orang Meninggal Dalam Musibah Ratusan Siswa SMP Tersapu Air Bah Di Sleman

Enam Orang Meninggal Tersapu Air Sungai Di di Sungai Sembor, Sleman, Jumat, (21/02/2020).

infobanten.id | Ratusan siswa SMP Negeri 1 Turi, Sleman, Yogyakarta mengalami peristiwa tragis tersapu air sungai di Sungai Sembor, Sleman, Jumat, (21/02/2020).

Insiden terjadi di Sungai Sembor yang berada di Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman, Yogyakarta.

Mereka tergabung dalam kegiatan Pramuka merupakan kelas VII dan VIII dari SMP Negeri 1 Turi. Tercatat ada 250 yang tengah melakukan kegiatan susur sungai hanyut.

Kepala Dusun Dukuh Tartono (54) mengatakan hanyutnya siswa SMP 1 Turi ini pertama kali diketahui melalui pengumuman lewat pengeras suara masjid.

Tartono menyebut peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.

“Tahunya tadi 14.30 WIB, ada anak-anak hanyut di Sungai Sempor. Kegiatan di situ murni kegiatan Pramuka SMPN 1 Turi yakni susur sungai,” ungkap Tartono.

Kegiatan pramuka itu berlangsung saat wilayah Turi belum diguyur hujan. Namun dari informasi diketahui bahwa wilayah di atas Turi sudah hujan.

Dudung, pengurus Outbond Lembah Sempor, mengatakan arus deras disebabkan kondisi di atas Turi hujan deras.

Sehingga, ketika para siswa tengah berada di bawah sungai, hanyut terseret arus deras dari puncak.

“Saya turun dari jembatan, ada yang hanyut 4 nyangkut di jembatan. 1 korban pertama di jembatan, sekitar 10 meter di bawah jembatan ada 3 di bendungan,” ujarnya.

Sampai saat ini petugas SAR Gabungan masih melakukan pencarian terhadap siswa SMP 1 Turi yang hilang.

Informasi terakhir tim SAR gabungan, dari 250 siswa yang ikut, 239 dilaporkan selamat, 6 orang ditemukan meninggal dunia dan 5 orang hilang atau belum ada laporan keberadaannya ke tim SAR. (*)