Galakkan Budaya Literasi, Pemkot Tangerang Bangun 64 Pojok Baca

Pemkot Tangerang terus menggencarkan budaya literasi khususnya untuk para pelajar Sekolah Dasar (SD) dengan membangun puluhan pojok baca yang tersebar di 13 Kecamatan.

infobanten.id | Pemkot Tangerang terus menggencarkan budaya literasi khususnya untuk para pelajar Sekolah Dasar (SD) dengan membangun puluhan pojok baca yang tersebar di 13 Kecamatan.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Totong Suwarto mengatakan, budaya literasi harus terus digalakkan sejak usia dini. Pasalnya, dengan literasi banyak pengetahuan yang akan didapat, terlebih dapat juga mengembangkan kreatifitas dan mengajarkan anak berpikir kritis.

“Budaya literasi itu kan bukan hanya supaya anak senang membaca, tapi juga untuk menumbuhkan kreatifitas anak sehingga tumbuh ide untuk berinovasi dan berpikir kritis,” kata Totong.

Pihaknya pun telah membangun puluhan pojok baca sejak 2019 lalu. Pojok baca tersebut pun dibangun dengan konsep yang milenials dan menarik khususnya untuk pelajar.

“Sudah ada 64 pojok baca yang terbangun sejak 2019 lalu dan tersebar di 13 Kecamatan dan dilengkapi dengan 876 judul buku dengan berbagai jenis tetapi untuk tahun ini bisa ditambah menjadi 1.000 buku,” jelas Totong.

Untuk jenis buku sendiri, pihak Pemkot Tangerang melengkapi pojok baca dengan buku mata pelajaran sekolah, buku dongeng, buku kreasi, dan lain sebagainya.

“Yang terpenting saat ini, buku bukan hanya berisi teks tapi juga yang menarik khususnya untuk pelajar SD, karena di usia tersebut anak harus dilatih kreatifitasnya agar dapat berpikir kreatif dan kritis sejak dini,” tandasnya. (*)