Gantung ASN Mutasi Ke Pemprov, BKD Banten: Tunggu Saja

Keluhan disampaikan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah ikut tes mutasi atau pindah dari luar Pemprov Banten.

infobanten.id | Keluhan disampaikan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah ikut tes mutasi atau pindah dari luar Pemprov Banten.

Para ASN ini dalam pemberitaan sebelumnya mempertanyakan keseriusan Pemrob Banten. Karena sampai saat ini para ASN yang sudah mengikuti tes itu belum tahu apakah mereka lolos atau tidak. Para ASN ini diketahui menggantung harapannya hampir setahun lamanya.

Menanggapi itu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten menyampaikan selain formasi atau kebutuhan pegawai di internal mereka, BKD juga akan melihat kemampuan anggaran di APBD.

Kepala BKD Banten, Komarudin mengungkapkan, belum diumumkannya hasil tes mutasi ASN dari luar ke pemprov disebabkan adanya analisa kepegawaian dan anggaran.

“Betul, hampir satu tahun, belum kita umumkan,” terang Komarudin melalui sambungan telepon selulernya, Minggu (08/03/2020).

Meski terkesan lambat diputuskan, namun pihaknya mengaku masih terus melakukan penelitian. Pasalnya saat menyampaikan kesempatan ASN dari luar pindah ke Banten belum diketahui kebutuhannya.

“Kita sudah lakukan itu (tes), dan syarat-syarat administrasinya. Kita harapkan secepatnya akan diumumkan nanti,” ujarnya.

Disinggung mengenai kendala dihadapi BKD, Komarudin yang merupakan pejabat eaelon II hasil open bidding atau lelang jabatan dari Pemkab Tangerang ini mengaku ada dua hal.

Pertama, formasi atau kebutuhan pegawai Pemprov Banten dan kedua  kemampuan anggaran.

“Mereka bisa mengajukan mutasi kesini. Tentunya kita hitung juga formasi dan kemampuan anggaran pemerintah (pemprov), pasti segera akan kita  umumkan. Namanya mereka mengajukan pindah, tentunya nanti nggak akan semuanya kita terima. Jadi tunggu saja,” demikian Komarudin.  (*)