Nilai SAKIP Memuaskan, Pemkab Serang Tingkatkan Pemahaman IKU

infobanten.id | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, memimpin pelaksanaan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan atau SAKIP organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang. Menyusul, adanya beberapa catatan dari Evaluator dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB RI) .

Entus mengatakan, bahwa pelaksanaan evaluasi Sakip OPD saat ini karena adanya beberapa catatan dari Evaluator KemenPAN RB yang harus di perbaiki. Secara administrasi betul harus di ikuti, akan tetapi ada yang membanggakan secara substansi bahwa Sakip Pemkab Serang sudah diberikan nilai yang bagus BB.

“Artinya cukup memuaskan, antara akuntabilitas dari penggunaan anggaran di banding dengan hasil yang di hasilkan oleh program yang ada di seluruh OPD ini cukup baik. Artinya anggaran itu mencerminkan bisa di pertanggung jawabkan dengan baik. Itu yang paling membanggakan kita,”ujar Entus usai evaluasi di Aula KH Syam’un pada Rabu, 10 November 2021.

Lebih lanjut Entus mengatakan, meskipun dari sisi administrasinya harus dilakukan peningkatan seperti pemahaman Indikator Kinerja Utama atau IKU OPD, yang harus di seleraskan dengan IKU kepala daerah. Kemudian IKu OPD harus di pahami oleh seluruh pegawai yang ada di OPD tersebut. “Ini tugas kepala OPD bagaimana seluruh pegawainya yang ada di OPD itu, memahami tupoksi (tugas pokok dan fungsi) dengan IKU yang ada,”terangnya.

Pada kesempatan tersebut, sebut Entus, pihaknya juga mengevaluasi rencana kerja di tahun 2022 itu berhadapan dengan kondisi pendapatan yang tidak terlalu optimis, bahkan kita bisa mengatakan ini harus realistis. “Karena apa, PAD tidak naik meningkat secara siginifikan karena masih masa pandemi covid-19, bantuan gubernur turun, begitu juga dari pusat, nah ini harus di sikapi oleh kita,”katanya.

“Oleh karena itu nanti pada saat rapat gabungan dengan DPRD kita ingin membangun kesepahaman antara TAPD dengan badan anggaran agar menyikapi kondisi pendapatan ini secara realistis, dan menuangkannya di dalam rencana kerja dalam belanja yang realisitis,”ungkap Entus.

Hadir pada evaluasi yang di gelar Bagian Organisasi tersebut, Asisten Daerah (Asda) III Bidang Organisasi, Keuangan, Umum, dan Fasilitas Pimpinan (Faspim) Kabupaten Serang, Ida Nuraida, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rahmat Maulana, dan para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Serang.

Asda) III Bidang Organisasi, Keuangan, Umum, dan Fasilitas Pimpinan (Faspim) Kabupaten Serang, Ida Nuraida mengatakan, pada evaluasi yang dilaksanakan ada beberapa komponen yang harus diperbaiki dari mulai penyusunan pohon kinerja, cascading, perbaikan indeks kinerja utama, indeks kinerja individual, kemudian renja itu masih ada beberapa OPD yang belum meng upload.

“Saya yakin kalau mengotak atik itu sudah yah, masih memperbaiki cuma tinggal di upload ke sistem KemenPAN RB. Sekarang setiap sebelas item dari mulai pohon kinerja, cascading dan lain-lainnya itu harus ada evidennya harus di upload kedalam sistem jadi kalau itu belum ada buktinya, evidennya dianggap belum ada,”ujarnya.

Sedangkan terkait penyelarasan untuk IKU kepala daerah dan IKU OPD, kata Ida, harus mengacu pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang dibuat. “Kalau sekarang masih belum ada yang sesuai dengan RPJMD yang telah di tetapkan oleh kepala daerah, dan itu yang harus di seleksi lagi,”jelas Ida.(Red).