Pemkab Tangerang Targetkan Vaksinasi Dosis Ketiga pada Tenaga Kesehatan Tuntas Agustus

Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bagi sekitar 12.000 tenaga kesehatan (nakes) di wilayahnya tuntas akhir Agustus 2021.

infobanten.id | Pemerintah Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten menargetkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bagi sekitar 12.000 tenaga kesehatan (nakes) di wilayahnya tuntas akhir Agustus 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid di Tangerang, Rabu, mengatakan bahwa penyuntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga pada tenaga kesehatan sudah dilakukan sejak dua pekan lalu.

“Vaksin booster nakes di Kabupaten Tangerang sudah mulai dan masih berjalan sampai saat ini. Untuk target mudah-mudahan akhir Agustus,” katanya.

Ia menjelaskan, vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin Moderna dilakukan pada tenaga kesehatan dalam upaya memberikan perlindungan maksimal kepada petugas yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk pasien COVID-19.

“Mereka ini memiliki tanggung jawab, dan mereka mempunyai beban dalam rangka terus melakukan vaksinasi sampai dengan Desember,” katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah menerima pasokan 9.282 dosis vaksin COVID-19 dari pemerintah dan pasokan vaksin akan ditambah sesuai dengan kebutuhan.

Menurut data Dinas Kesehatan, sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang seluruhnya 507.035 orang, meliputi sumber daya manusia bidang kesehatan atau tenaga kesehatan, petugas pelayan publik, warga lanjut usia, remaja, dan masyarakat umum.

Warga Kabupaten Tangerang yang sudah mendapat suntikan dosis pertama vaksin COVID-19 tercatat 509.605 orang sedangkan warga yang sudah dua kali mendapat suntikan vaksin sebanyak 229.748 orang atau 45,3 persen dari sasaran vaksinasi.