Pemkot Serang Anggarkan Rp8,3 miliar untuk Pembangunan Tahap Kedua Perpusda

infobanten.id | Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menganggarkan Rp8,3 miliar untuk pembangunan tahap kedua gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) serta kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang, bahkan ditargetkan selesai pada Agustus 2022 mendatang.

Gedung yang berlokasi di Batok Bali, Ciracas, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang tersebut dibangun dua lantai dengan berbagai fasilitas lengkap.

Kemudian mengenai dana bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Serang 2022.

Kepala DPK Kota Serang Wahyu Nurjamil mengatakan, pembangunan gedung Perpustakaan Daerah dan kantor DPK Kota Serang mulai pada awal 2022.

Dengan rincian, Rp2,2 miliar dari DPK, dan Rp6,1 miliar dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Serang.

Dia menjelaskan, untuk tahap kedua tersebut akan dibangun lanskaping, drainase, dan gedung kerucut pensil yang didalamnya digunakan untuk ruang pameran dan ‘working space’.

“Karena kan di bagian ini (belakang gedung) ada banjir. Jadi nanti akan kami bangun drainase, dan di bagian depan dibangun gedung kerucut pensil,” katanya, Selasa 14 Desember 2021.

Pembangunan tahap kedua tersebut, dia menuturkan, merupakan bagian akhir tahap pembangunan.

Bahkan Pemkot Serang menargetkan penyelesaian pembangunan gedung pada Agustus 2022 mendatang.

Sehingga, bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat dan kantor DPK Kota Serang berpindah.

“Mudah-mudahan tahapan pembangunan yang dimulai dari lelang dapat dilakukan diawal tahun 2022. Sehingga pada Agustus 2022 sudah dapat dimanfaatkan oleh DPK dan masyarakat Kota Serang. Sekarang ini tahapannya sudah finishing, jadi kami harap awal tahun ini sudah bisa lelang,” ujarnya.

Wahyu Nurjamil juga menjelaskan, untuk tahap pertama pembangunan gedung Perpusda dan kantor DPK Kota Serang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dengan nilai lelang sebesar Rp9,6 miliar.

“Tahun depan dari APBD Rp8,3 miliar. Kalau Gedung perpustakaan (kantor DPK tahap pertama) ini kami dapat dari DAK dari Perpustakaan Nasional,” tuturnya.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, untuk pembangunan gedung Perpustakaan Daerah dan Kantor DPK tahap pertama sudah hampir rampung, dan akan dilanjutkan tahap kedua pada awal 2022.

“Sekarang ini sudah tinggal 10 persen lagi (pembangunan tahap pertama). InsyaAllah tahun ini selesai, dan dilanjut tahun 2022 tahap kedua,” ucapnya.

Nantinya, dikatakan dia, gedung yang dibangun dua lantai tersebut akan digunakan untuk perpustakaan daerah di lantai satu, dan lantai dua sebagai kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang.

“Jadi nanti gedung itu dilantai satu untuk perpustakaan dan lantai dua untuk kantor DPK,” katanya. (Red)