Pemkot Tangsel siapkan anjungan disdukcapil mandiri di Mall Teras Kota

Warga sedang menikmati layanan ADM yang disiapkan di pusat belanja sehingga memudahkan dalam mengurus administrasi kependudukanTangerang

infobanten.id | Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyiapkan Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM) dan Gerai Disdukcapil di Mall Teras kota untuk memudahkan warga dalam pelayanan administrasi.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan dalam keterangannya, di Tangsel, Senin mengatakan, ADM memberikan kemudahan kepada warga tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil.

Sebab, warga bisa melakukan verifikasi dan validasi data melalui ADM tersebut. Mesin yang sudah dimiliki Pemkot Tangsel sejak bulan November 2019 tersebut, merupakan yang pertama di Indonesia.

Ada lima layanan administrasi kependudukan yang dilayani melalui ADM yakni pembuatan KTP, KIA, Akta Kematian, Akta Perceraian, dan Akta Kelahiran. Layanan ini bisa dinikmati warga pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu.

“Semua yang memiliki ADM di daerah lain itu sebelumnya berkunjung ke Tangsel, kami dikunjungi 67 Kabupaten Kota se-Indonesia. Sekarang kita tempatkan di pusat belanja,” ujar Dedi.

Ia menjelaskan, kerja sama dengan pusat belanja berlangsung selama lima tahun. Kedepannya, kerja sama juga akan dilakukan dengan kepolisian dan Samsat. “Animo masyarakat begitu besar, kita akan lakukan kerja sama lagi,” ucapnya.

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany memberikan apresiasi kepada Disdukcapil yang menyiapkan segala kebutuhan masyarakat menjadi lebih mudah. Dengan adanya ADM maka birokrasi menjadi lebih pendek dan dekat ke masyarakat.

“Ini adalah bagian dari target Pemkot Tangerang Selatan dalam memperpendek birokrasi sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat,” paparnya. (*)