Petugas PPKM di Kabupaten Lebak Gelar Operasi Masker

Petugas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarak (PPKM ) operasi masker guna mencegah penyebaran virus corona.

infobanten.id | Petugas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Lebak, Banten menggelar operasi masker guna mencegah penyebaran virus corona.

“Kami minta semua warga memakai masker, karena bisa melindungi diri sendiri dari penyakit yang mematikan itu, ” kata Koordinator Lapangan Petugas PPKM Kabupaten Lebak Dian saat menggelar operasi di Sentral Kabupaten Lebak, Jumat.

Baca juga: Empat warga Badui menolak dites swab PCR

Petugas PPKM yang melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Lebak,TNI dan Polri terus memaksimalkan operasi masker.

Saat ini, kata dia, kegiatan aktivitas masyarakat masih terjadi tidak menggunakan masker, meskipun jumlahnya relatif kecil.

Karena itu, petugas selama 24 jam melakukan operasi masker di tempat-tempat keramaian maupun pusat perbelanjaan.

Penggunaan masker, kata dia, manfaatnya cukup besar untuk perlindungan dari penyebaran COVID-19.

“Kami hari ini menemukan puluhan warga tidak menggunakan masker, namun tidak dilakukan tindakan, Semua warga itu diberikan masker oleh petugas,” katanya menjelaskan.
Menurut dia, petugas PPKM, selain menggelar operasi masker juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

Masyarakat wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi. Penyuluhan tersebut guna memberikan edukasi tentang bahaya corona hingga ratusan ribu orang di Indonesia meninggal dunia. “Kita berharap warga dapat mematuhi kesehatan sehingga dapat memutuskan mata rantai penularan corona, ” katanya menjelaskan. Berdasarkan data COVID-19 Kabupaten Lebak pada Kamis (12/8) tercatat sebanyak 8.555 orang dan diantaranya 7.146 orang dilaporkan sembuh, 1.208 orang menjalani isolasi dan perawatan medis dan 201 orang meninggal dunia.
Saat ini, Kabupaten Lebak masuk zona oranye dengan tingkat risiko penyebaran corona sedang dari sebelumnya zona merah.

“Kami berharap Lebak kembali masuk zona kuning sebaran corona,” kata Dian. (*)