Proyek Tol Serpong-Cinere Bikin Dua Wilayah di Tangsel Terendam Banjir

Hujan yang mengguyur sejak siang hari hingga malam, menyebabkan dua wilayah di Tangsel yakni di Jalan Serua Indah Raya, Ciputat tepatnya di Komplek Roswood Garden dan di Jalan Oscar, Bambu Apus, Pamulang terendam banjir, Minggu (26/04/2020).

infobanten.id | Hujan yang mengguyur sejak siang hari hingga malam, menyebabkan dua wilayah di Tangsel yakni di Jalan Serua Indah Raya, Ciputat tepatnya di Komplek Roswood Garden dan di Jalan Oscar, Bambu Apus, Pamulang terendam banjir, Minggu (26/04/2020).

Naas banjir tersebut diakibatkan oleh pembangunan jalan tol Serpong-Cinere (Sercin) yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Proyek tol Sercin membuat kali yang berada di Jalan Serua Indah Raya, Ciputat tersumbat dan merendam tujuh pintu kontrakan serta merendam Komplek Roswood Garden hingga sebetis orang dewasa.

Salah satu penjaga keamanaan di Roswood Garden, Rohim mengatakan, air mulai memasuki komplek sekitar pukul 18.30 WIB, selepas berbuka puasa.

“Air ini mulai masuk abis maghrib, warga komplek juga langsung mindahin mobilnya takut kerendem,” ujar Rohim dilokasi, Minggu (26/04/2020).

Rohim juga menuturkan, semenjak adanya proyek tol Sercin banjir sering terjadi. Bahkan, pada saat banjir awal tahun baru 2020 hingga sepinggang orang dewasa.

“Wah pas tahun baru banjirnya seperut, karena ada proyek tol aja. Sebelum ada proyek tol, banjir tapi enggak sampe parah. Karena ini proyek tol bikin kali kesumbat, airnya enggak bisa ngalir,” tuturnya.

Pantauan Kantor Berita RMOL Banten, air mulai surut pada pukul 21.00 WIB, warga yang memindahkan mobilnya untuk menghindari banjir mulai memarkirkan kembali kendaraannya di garasi rumahnya.

Sementara itu, salah seorang penghuni kontrakan yang bersebelahan dengan proyek tol Sercin, Mekel banjir merendam kontrakannya hingga empat jam lamanya.

“Banjir tadi mulai sebelum maghrib. Ya ini sejak ada pembangunan jalan tol aja, terus kalinya jadi sempit. Kalau dulu pas belum ada proyek tol enggak pernah begini,” kata Mekel.

Ia pun terpaksa memindahkan barang berharganya, agar tidak terendam banjir.

Tak hanya di Jalan Serua Indah, Ciputat saja. Proyek tol Sercin juga mengakibatkan rumah di Jalan Oscar RT 01/02 Bambu Apus, Pamulang terendam banjir hingga sepaha orang dewasa.

“Ini orang kena dampak banjir, semua termenung,” kata salah satu warga.

Sebelumnya diberitakan Kantor Berita RMOLBanten, dilokasi yang sama pada, Senin (13/4) lalu, ada 6 Kepala Kelurga (KK) yang terdampak banjir dari pembangunan tol Sercin ini.

Warga yang sudah melakukan berbagai upaya kepada pihak tol untuk mencarikan solusinya agar tidak terjadi banjir kembali. (*)