Ratu Tatu: Waspada Harus Tapi Jangan Phobia Virus Corona

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

infobanten.id | Masyarakat diimbau agar jangan phobia soal penyebaran virus covid-19 corona. Sikap phobia dinilai hanya akan menimbulkan kepanikan.

Terpenting, tetap waspada dengan menjaga kesehatan dan berpola hidup sehat.

Begitu disampaikan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati, Rabu (4/3).

“Jangan kita jadi phobia. Paling penting menjaga daya tahan tubuh, jaga kesehatan agar selalu fit,” kata Tatu.

Sebagai kepala daerah, kata Tatu, dirinya harus memberikan ketenangan kepada masyarakat. Jika kepala daerah phobia, akan menimbulkan kepanikan.

“Kalau misalnya Bu Tatu pakai masker, nanti masyarakat protes, Kok Bu Tatu mengamankan sendiri, gimana dengan masyarakat yang tidak punya masker,” tandas Tatu.

Akibat kepanikan, kata Tatu, saat ini masyarakat kesulitan mendapatkan masker dan antiseptik. Tatu pun mengingatkan agar tidak ada oknum yang melakukan penimbunan masker dan antiseptik karena akan berurusan dengan hukum.

“Intinya tetap waspada dan jaga kesehatan,” tegasnya.

Tatu pun mengomentari perihal video penanganan pasien yang diduga suspect corona yang ditangani Rumah Sakit Drajat Prawiranegara. Ternyata pasien tersebut sehabis pulang umroh dan punya riwayat penyakit paru-paru.

“Jangan langsung divonis sebagai pengidap corona, dan itu kan harus dites. Soal tenaga medis yang memakai pakaian perlindungan, itu prosedur,” ujar Tatu.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi untuk membahas keberadaan virus covid-19.

Pemeriksaan dan pemantauan pun sudah dilakukan terhadap para pekerja asing.

“Kita sudah menyiapkan protap dan prosedur penanganan, mulai dari fasilitas kesehatan di 31 puskesmas,” pungkasnya. (*)