Ribuan warga Cikande Kabupaten Serang Serbu Vaksinasi Massal

Vaksinasi massal yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang melalui Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (UPT Puskesmas) Cikande di Lapangan Futsal Cikande Permai.

infobanten.id | Ribuan warga sejak pagi antusias mengikuti vaksinasi massal yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang melalui Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (UPT Puskesmas) Cikande di Lapangan Futsal Cikande Permai.

Kepala UPT Puskesmas Cikande, Iis Isnawati saat mendampingi warga yang divaksin di Cikande, Serang Banten Kamis mengatakan, vaksinasi massal saat ini menargetkan sebanyak 2.000 sasaran. Namun dari target tersebut masyarakat yang mendaftar di dua desa  melebihi jumlah sasaran yakni sebanyak 2.400 orang.

“Untuk saat ini tahap pertama saja sudah 750 lebih warga yang sudah divaksin, karena vaksinasi massal dibagi dua tahap pagi sampai siang, siang sampai sore,” ujar Iis Isnawati di sela-sela pelaksanaan vaksinasi.

Iis mengatakan, pelaksanaan vaksinasi yang rutin dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Cikande, Koramil dan Polsek Cikande selalu melebihi target sasaran atas antusiasnya masyarakat, terlebih saat ini  vaksinasi massal.

“Meski melebihi target, masyarakat tidak perlu khawatir karena vaksinasi bisa dilakukan di UPT Puskesmas lainnya,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Camat Cikande, Muhammad Agus menambahkan, untuk vaksinasi massal saat ini difokuskan bagi warga dua desa yakni Cikande Permai, dan Desa Cikande. 

Karena jumlah penduduk padat, dari target tersebut dibagi dua sift untuk menghindari kerumunan dan penyebaran penularan COVID-19.

“Kita bagi dua sift, diatur juga untuk setiap RT dan RWnya, untuk pagi sampai pukul 12.00 warga Desa Cikande Permai, dan pukul 13.00 sampai 16.00 untuk warga Desa Cikande,” ujarnya.

Agus mengungkapkan, untuk di Kecamatan Cikande pelaksanaan vaksinasi rutin dilakukan oleh UPT Puskesmas maupun Koramil dan Polsek. Dari jumlah penduduk sebanyak 60 ribu, berdasarkan data dari UPT Puskesmas sebanyak 10 ribu lebih warga Cikande yang sudah divaksin.

“Itu data UPT Puskesmas belum termasuk data dari Koramil dan Polsek. Untuk setiap minggu Polsek Cikande melaksanakan vaksinasi sebanyak 1.500 orang dengan berkeliling di desa-desa. Jadi kalau jumlah total sebanyak 20 ribu lebih warga Cikande sudah menjalani vaksinasi COVID-19,” tutur Agus.

Selain di UPT Puskesmas Cikande, UPT Puskesmas Tanara pun menggelar vaksinasi massal dengan target sasaran 2.000 orang.

Diketahui, proses vaksinasi warga yang ber KTP (Kartu Tanda Penduduk) Kabupaten Serang sudah mencapai 466.942 orang dari target sasaran sebanyak 1.259.754 orang atau sudah mencapai 37,067 persen. Realisasi tersebut berdasarkan data dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional atau KPCPEN tercatat pada Rabu, 8 September 2021. (*)