Sepeda Motor Pelanggar PSBB Di Tangsel Tidak Ditilang

Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangsel akan berlangsung

infobanten.id | Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangsel akan berlangsung pada Sabtu (18/4) besok.

Dalam pelaksanaan PSBB sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) nomor 13 tahun 2020, bagi kendaraan roda dua dan empat tentu mempunyai aturan tersendiri. Seperti kendaraan bermobil hanya diperbolehkan membawa penumpang dengan persentase 50 persen dari kapasitas penumpang.

Sedangkan untuk sepeda motor, tidak boleh berboncengan dan harus menggunakan masker serta sarung tangan.

Mengenai sanksi yang akan diberikan bagi pelanggar, Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Bayu Marfiando menjelaskan tidak akan melakukan tindakan langsung (tilang).

“Enggak ada (tilang), cuman ada bentuk buku teguran itu sudah ada formatnya, hanya diberikan buku teguran. Sifatnya kita hanya akan memberikan teguran dan memberikan masker bagi yang tidak menggunakan masker. Lebih ke sifat simpatik,” ujar Bayu, Jumat (17/4).

Selain itu, jajaran Satlantas Polres Tangsel juga akan berjaga di 12 titik check point yang sudah disediakan wilayah hukum Polres Tangsel.

Meski begitu, pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap para pengendara, baik itu kendaraan roda dua dan roda empat.

“Konsen pengawasan yang pertama, terkait dengan jumlah penumpang sesuai dengan yang diatur oleh peraturan, kendaraan roda empat sudah diatur juga misalnya duduk satu di depan dua di tengah, satu di belakang. Termasuk kendaraan roda dua khsusunya yang tidak menggunakan masker dan sarung tangan,” pungkasnya. (*)