Tangkal Covid-19, Warga Serpong Estate Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Mewabahnyanya virus corona baru atau Covid-19 di Indonesia membuat warga memproteksi diri dengan berbagai cara.

infobanten.id | Mewabahnyanya virus corona baru atau Covid-19 di Indonesia membuat warga memproteksi diri dengan berbagai cara. Ada yang berdiam di rumah, menjaga jarak, dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Virus corona ini tidak bisa diremehkan lagi, data terbaru menunjukan kasus positif corona berjumlah 1.155, yang meninggal 102 dan sembuh 59 orang.

Pemerintah tidak henti-hentinya memperingatkan masyarakat untuk tinggal di rumah dan tetap menjaga jarak dengan tujuan memutus mata rantai penularan virus corona.

Masyarakat pun berinisiatif sendiri, secara mandiri memproteksi lingkungannya agar tidak terpapar virus yang berasal dari Wuhan, China itu. Karena sekali terkena akan berantai menjangkiti lainnya.

Salah satunya di Perumahan Serpong Estate, Ciater-Tangerang Selatan. Pengurus dan warga kompak melakukan penyemeprotan disinfektan. Tercatat, ini adalah penyemprotan yang kedua.

Penyemprotan pertama khusus ruang publik dan sarana ibadah dan untuk penyemprotan kedua ini mencakup rumah-rumah pribadi.

Penyemprotan kali ini merupakan bantuan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH).

“Alhamdulillah penyemprotan disinfektan kali ini berjalan dengan lancar dan tertib dengan tetap memperhatikan protokol keamanan Covid-19,” terang Ketua RW Serpong Estate, Bambang, Sabtu (28/3).

Bambang berterima kasih kepada warga yang telah mengupayakan penyemprotan disinfektan di wilayahnya. Bambang juga menyadari mengharapkan bantuan Pemerintah Daerah Tangerang Selatan (Tangsel) butuh waktu karena kemungkinannya lebih prioritas tempat lainnya.

“Solidaritas masyarakat menunjukan kita bisa bersama-sama menghadapi pandemi virus corona ini,” katanya.

Bambang berharap warga Serpong Estate menjaga kebersihan dan mematuhi anjuran untuk tidak berpergian.

“Kita mungkin sehat tapi virus yang menempel di tubuh kita bisa menularkan ke orang lain,” katanya.

Senada, Kordinator Keamanan Serpong Estate, Boby mengatakan proteksi masuk ke komplek leboh di perketat. Kendaran online maupun paket hanya bisa sampai pos Security tidak boleh lagi langsung warga.

“Pengurus juga sedang menyiapkan semprotan disinfektan untuk sterilisasi kedaraan di pintu masuk,” katanya.

Buat warga pejalan kaki, terang pria sehari-hari bertugas di Kepolisian ini, depan pos security disiapkan cuci tangan.

Boby juga mengimbau kepada warga jika ada yang mengalami gejala seperti corona, baiknya segera melapor ke pengurus untuk segera mendapatkan treatment dari gejala yang ada.

“Virus ini bisa sembuh, jadi bila ada yang terindikasi gejala Covid-19 bisa segera melapor ke pengurus RT maupun RW,” demikian Boby. (*)