Terdampak Covid-19, Warga Non-KTP Tangsel Dapat Bantuan Paket Sembako

infobanten.id | Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara kembali mengunjungi Tangsel untuk memantau langsung penyerahan bantuan sosial (bansos) sembako di Kelurahan Rawa Buntu, Serpong, Tangsel, Selasa (23/06/2020).

Kali ini, bansos diberikan kepada warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di luar Tangsel.

Dikatakan Juliari, dalam pendataan penerimaan bansos ini Pemerintah Daerah yang paling paham kondisi warganya seperti apa.

“Prinsipnya, pemerintah daerah yang paling paham kondisi di daerahnya sendiri, siapa yang paling berhak menerima, kondisinya seperti apa,” ujar Juliari yang didampingi Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

Bahkan, program bansos terhadap warga yang terdampak Covid-19 akan berlanjut hingga bulan Desember mendatang.

“Kami (Kemensos) hanya menganggarkan dan menyalurkan saja, kebetulan karena program ini berlanjut, sampai Desember, kita harapkan yang sudah baik ini pendataannya akan lebih baik lagi, akan lebih tepat lagi,” jelasnya.

Setidaknya, ada 1.164 paket sembako yang diserahkan kepada warga RW 002 Kelurahan Rawa Buntu, Serpong, Tangsel.

Sementara itu, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, menyampaikan ungkapan terima kasih dari masyarakat kepada Kemensos.

“Pada kesempatan yang baik ini juga, saya berterimakasih atas nama masyarakat, dimana Kemensos tidak pernah kaku untuk data,” ucap Airin.

Airin juga mengapresiasi langkah cepat Kemensos, saat Tangsel mengusulkan bansos tambahan untuk warga yang terdampak.

“Ini contohnya, (penerima) di sini baru kita masukkan karena dia tidak ber-KTP Tangsel tapi terdampak, dan kita usulkan, lalu direspon cepat oleh Kemensos,” ungkapnya. (*)