Wagub Banten: Tumbuhkan Gotong Royong Guna Pulihkan Dampak COVID-19

Wagub Banten Andika Hazrumy saat mengakhiri sidang paripurna DPRD Kabupaten Serang dalam rangka HUT Kabupaten Serang ke-495 di Serang, Jumat.

infobanten.id | Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta semua pihak di Kabupaten Serang bersama Pemprov Banten bekerja sama dalam memulihkan segala bidang yang terkena dampak pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir ini.

“Mari kita kerja bersama, bahu membahu saling bergotong royong, bangkit bersama mewujudkan pembangunan Kabupaten Serang yang maju, mandiri dan berdaya saing,” kata Wagub Banten Andika Hazrumy saat mengakhiri sidang paripurna DPRD Kabupaten Serang dalam rangka HUT Kabupaten Serang ke-495 di Serang, Jumat.

Di masa pandemi COVID-19 saat ini, kata Andika, nilai-nilai gotong royong harus senantiasa diimplementasikan. Gerakan swadaya masyarakat bersama-sama pemerintah daerah, perguruan tinggi, pelaku industri, TNI, Polri, media massa dan masyarakat sipil diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemulihan kondisi dampak pandemi.

Andika mengatakan diperlukan stimulus ekonomi khususnya bagi pelaku UMKM termasuk juga bantuan adaptasi teknologi informasi bagi pelaku UMKM yang mendorong pelaku UMKM untuk melakukan transformasi ke ekonomi digital.

Pada masa pandemi COVID-19 saat ini, kata Andika, Pemprov Banten tengah fokus pada penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi dan program perlindungan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19.

“Pada penanganan kesehatan, Alhamdulillah terjadi penurunan angka kasus konfirmasi COVID-19 dan penurunan angka BOR serta seluruh wilayah kabupaten/ kota se-Provinsi Banten telah keluar dari zona risiko tinggi,” katanya.

Pada program perlindungan sosial, ujar Andika, pada tahun 2021 Pemprov Banten telah memberikan Bantuan Sosial Non Tunai Jamsosratu kepada 11.466 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Kabupaten Serang.

Pemprov Banten memberikan apresiasi kepada Pemkab Serang yang telah memberikan bantuan operasional sepeda motor kepada 67 orang pendamping dan 2 operator Jaminan Sosial Banten Bersatu (Jamsosratu).

Hal ini menunjukkan komitmen dan dukungan Bupati Serang terhadap program Jamsosratu, serta komitmen dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, terutama pengentasan kemiskinan.

“Melalui sinergi program perlindungan sosial diharapkan berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan di Provinsi Banten, khususnya peningkatan angka kemiskinan dampak pandemi COVID-19,” katanya.

Sementara itu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya mengatakan perayaan HUT ke 495 Kabupaten Serang tahun ini masih dilakukan dalam suasana COVID-19. Namun demikian, pihaknya bersyukur sebab kasus COVID-19 di Kabupaten Serang semakin berkurang.

“Oleh karenanya di HUT ini, mari kita evaluasi apa yang telah dilakukan untuk penanganan COVID-2021,” kata Tatu. (*)