Walau Dapat Rapor Kuning, Bupati Lebak Syukuri Hasil Survey Ombudsman

Bupati Lebak Lebak Iti Oktavia Jayabaya
Syukuri Hasil Survey Ombudsman

infobanten.id | Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten Dedy Irsan, menyerahkan hasi penilaian hasil kepatuhan yang dilakukan Ombudsman RI.

Menurut Dedy Irsan, untuk pertama kalinya Kabupaten Lebak dilakukan survey oleh Ombudman RI namun hasilnya sudah di posisi kuning. Ini merupakan awal yang bagus untuk lebih mudah ditingkatkan.

“Walaupun sudah 5 tahun pelaksanaan survey ini secara nasional, namun Kabupaten Lebak baru pertama kali di Survey, dan berada di zona kuning, ini awal yang bagus agar kedepannya meningkat dan berada di Zona Hijau,”. terang Dedy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (08/02/2020).

Dedy menyampaikan bahwa penilaian kepatuhan  ini dimaksudkan untuk mendorong pemenuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik.

Lebih lanjut, diurai Dedy, pada Tahun 2019, Ombudsman Republik Indonesia melakukan Penilaian terhadap 4 Kementerian, 3 Lembaga, 6 Pemerintah Provinsi, 215 Pemerintah Kabupaten dan 36 Pemerintah Kota.

Kata Dedy, untuk wilayah Provinsi Banten untuk pelaksanaan di tahun 2019 telah dilakukan terhadap 3 Pemerintah Kabupaten dan 3 Pemerintah Kota.

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten Lebak dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang kemudian Pemerintah Kota Serang Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Lanjut Dedi, Kabupaten Lebak sendiri berdasarkan hasil Survey yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia di Tahun 2019 Kabupaten Lebak mendapatkan nilai 66, 20 atau berada di Zona Kuning.

“Tingkat kepatuhan terhadap standar pelayanan publik berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 di Pemerintah Kabupaten Lebak masih dikategorikan sedang atau masih banyak yang belum terpenuhi,” katanya.

Rapor tersebut diterima langsung oleh Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya beserta jajaran yaitu Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak, Asisten Daerah I, II dan III serta disaksikan langsung oleh  Seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak.

Bupati Iti menyambut baik hasil survey ini, dan berterimakasih kepada Ombudsman RI, dengan adanya survey ini maka Pemerintah Kabupaten Lebak dapat melakukan evaluasi terhadap standar pelayanan ini.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Ombudsman, ini akan kami jadikan bahan evaluasi dan kemudian akan kami jadikan dasar untuk terus berupaya memenuhi setiap komponen standar pelayanan publik” ujar Iti

“Kami Optimis, dengan melayani dengan hati maka saya yakin Pemerintah Kabupaten Lebak akan terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yank kami berikan,” demikian Iti. (*)