Archipelago International Berwisata ke Tiga Museum di Jakarta

infobanten.id | Archipelago International bersama beberapa hotel di Jakarta dan Sentul, serta rekan media melakukan perjalanan nostalgia ke tiga museum di Jakarta yang berkolerasi dan menyimpan arsip-arsip sejarah Sumpah Pemuda.

Ketiga museum tersebut, yakni gedung Museum MH Thamrin, dahulu digunakan sebagai tempat Kongres Partai Nasional Indonesia pada 1928. Museum ini memiliki koleksi foto reproduksi, radio dan barang-barang peninggalan MH Thamrin, serta kepustakaan tentang kiprah perjuangan Mohammad Hoesni Thamrin dalam pergerakan nasional Indonesia.

Selanjutnya rombongan mampir ke Museum Sumpah Pemuda, tempat bersejarah ketika Sumpah Pemuda dibacakan pada 28 Oktober 1928. Bangunan ini awalnya disebut sebagai Gedung Kramat 106 yang pernah menjadi markas Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) sejak tahun 1926. Museum terakhir , yakni Museum Hari Kebangkitan Nasional .

Gedung yang dibangun sebagai monumen tempat lahir dan berkembangnya organisasi pergerakan modern pertama kali dengan nama Boedi Oetomo. Sebelum menjadi museum, bangunan ini dahulunya adalah sekolah kedokteran STOVIA atau Sekolah Dokter Bumiputra. (*)