Pembahasan SOP Perizinan Berusaha dan Nonperizinan

infobanten.id | Dalam rangka implementasi rencana aksi kemudahan berusaha melalui Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal pada Pemerintah Kabupaten Tangerang dan pelaksanaan Monitoring Evaluasi terhadap Standar Pelayanan di DPMPTSP Kabupaten Tangerang, terhitung mulai tanggal 11 – 18 Januari 2022 dilaksanakan Monitoring Evaluasi Standar Pelayanan yang dalam hal ini dikerucutkan untuk membahas Standar Operasional Prosedur Perizinan Berusaha dan Nonperizinan sebagai kelanjutan dari penyesuaian penggunaa Aplikasi Sipinter terhadap Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) yang dikelola oleh Kementerian Investasi/BKPM.

Monitoring Evaluasi Standar Pelayanan terkait SOP ini bertujuan untuk menginvetarisasi perizinan berusaha dan nonperizinan didasarkankan pada aplikasi OSS RBA dan Aplikasi Sipinter yang akan dikelola oleh DPMPTSP Kabupaten Tangerang secara online yang diterbitkan melalui Tanda Tangan Elektronik (TTE) serta menginventarisasi perizinan berusaha dan nonperizinan yang merupakan kewenangan OPD Teknis yang saat ini masih berlaku. Kegiatan ini melibatkan seluruh Bidang yang berada di Lingkup DPMPTSP Kabupaten Tangerang dengan melibatkan segenap OPD Teknis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 

Sebagai Narasumber turut disertakan DR. Endang Iryani selaku Akademisi Administrasi Kepemerintahan beserta Konsultan IT sebagai pendamping untuk mengaplikasikan penerapan SOP kedalam bentuk alur perizinan berusaha dan nonperizinan kedalam Aplikasi Sipinter yang di kelola oleh DPMPTSP Kabupaten Tangerang.

Diharapkan Aplikasi Sipinter dapat menjadi pendukung terhadap penggunaan Aplikasi OSS RBA sekaligus sebagai aplikasi tunggal terkait perizinan berusaha dan nonperizinan yang diberlakukan di DPMPTSP Kabupaten Tangerang. (Red)