Pemkab Serang Percepat Pembangunan Puspemkab

infobanten.id | Kab. Serang. Pemkab Serang mulai serius mempercepat pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) di Kecamatan Ciruas. Tahun ini, ada sembilan proyek yang dialokasikan di Puspemkab.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang Okeu Oktaviana mengatakan, sembilan proyek itu menggunakan anggaran Rp100 miliar.

Secara rinci Ia memaparkan, sembilan proyek itu yakni pembangunan dua gedung OPD, pematangan lahan untuk kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang, dan pembuatan badan jalan kawasan Puspemkab. “Badan jalan ini baru satu tahap, karena nanti ada tiga tahap,” katanya di Pendopo Bupati Serang, Senin (07/03/2022).

Kemudian, pembangunan drainase dan utilitas, pengecoran jalan utama, pembuatan jalan akses masuk Puspemkab, ruang terbuka hijau (RTH), saluran pembuangan air ke Sungai Cisait, hingga pembangunan dua OPD yang dibiayai melalui bantuan keuangan (Bankeu) Pemprov Banten.

Okeu mengatakan, dua gedung yang akan dibangun melalui APBD Kabupaten Serang akan dipergunakan untuk Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Fahmi Hakim mengatakan, pihaknya mendukung percepatan pembangunan Puspemkab. Pihaknya juga akan mendorong Pemprov Banten untuk membantu pembangunannya. “Kita sudah sepakati, nanti pemprov bantu bangun gedung saja, tidak lagi membantu melalui bantuan keuangan, jadi harus terpisah,” katanya.

Pihaknya memastikan akan membangun gedung DPRD Kabupaten Serang terlebih dahulu di lahan Puspemkab. Sehingga, ia meminta Detail Engineering Design (DED) dari Pemkab Serang. “Kenapa kita dahulukan gedung DPRD, supaya sebagian kegiatan pemerintahan dapat berjalan di Puspemkab,” pungkasnya. (*/Red)