Walikota Serang : Melalui Air Bersih Warga Terhindar dari Stunting

infobanten.id | Serang – Salurkan air bersih untuk masyarakat, Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Serang menggelar kegiatan Launching pembangunan infrastruktur sanitasi dan air minum, di beberapa wilayah Kota Serang, Selasa (27/12/2022).

Kegiatan launching ini dilakukan sebagai bentuk mewujudkan peran pemerintah melalui Dinas PUPR Kota Serang dalam melaksanakan pembangunan sistem penyediaan air minum dan air bersih.

Seperti yang disampaikan oleh Walikota Serang Syafrudin dalam sambutannya, Pemerintah Kota Serang memberikan bantuan dan termasuk juga meresmikan beberapa IPAL Komunal kemudian juga air minum dan air bersih dibeberapa wilayah Kota Serang yang dihususkan dibeberapa wilayah Kasemen.

“Karena air minum dan air bersih di Kecamatan Kasemen ini masih terbatas, seperti di beberapa daerah itu masih payau dan ada juga yang asin, Oleh karena itu, sekarang ini yang kami berikan ini bantuan di Kelurahan Sawah Luhur karena disitu airnya kurang bagus,” ucap Syafrudin saat membuka kegiatan launching infrastruktur.

Syafrudin menambahkan bahwa didaerah-daerah yang rawan kekurangan air, alhamdulillah Pemerintah Kota Serang sudah bisa kita atasi namun itu juga masih banyak kekurangan.

“Mudah-mudahan di tahun 2023 ini kita mendapat bantuan alhamdulillah dari pusat, mudah-mudahan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ucap Syafrudin.

Syafrudin juga menjelaskan alasannya Pemerintah Kota Serang lebih fokus ke beberapa wilayah pesisir yang ada di Kota Serang, lebih didominankan, karena kondisi airnya payau dan tidak bagus.

“Kalau daerah-daerah perkotaan seperti cipocok dan serang itu masing-masing rumah itu sudah punya sumur masing-masing karena airnya bagus, yang kami atasi itu yang menggali sumur tapi keluarnya air yang kurang bagus, jadi yah sekitar kurang lebih 25-30% lagi,” jelas Syafrudin.

“Sehingga memang itu sebenarnya akibat kekurangan air, ini anak-anak kita menjadi tidak sehat karena mandinya diluar, ada di sawah, ada yang mandinya di kali yang kotor, jadi ini juga menjadi penyebab anak-anak kita menjadi kurang sehat, makanya harus kita atasi,” sambung Syafrudin.

Usai membuka kegiatan launching infrastruktur terkait sanitasi dan air minum atau air bersih, Walikota Serang Syafrudin didampingi dengan Kepala Dinas PUPR Kota Serang Iwan Sunardi beserta jajaran dan Kepala Perumdam Kota Serang.

Melakukan peninjauan langsung bantuan sanitasi dan air minum di lingkungan Padek pancur, kelurahan sawah luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Syafrudin menuturkan bahwa di wilayah padek pancur tersebut terdapat sekitar 90 unit bantuan yang diberikan dari sekitar 450 unit dilingkungan sawah luhur.

Syafrudin menambahkan, bahwa padek menjadi salah satu daerah yang menjadi prioritas karena pada kawasan tersebut juga susah dalam air bersih.

“Padek itu susah air, karena wilayahnya juga luas jadi mudah mudahan dengan adanya bantuan ait ini masyarakat akan semakin sehat kondisinya, tidak ada stunting,” tambahnya.

Syafrudin berharap dalam beberapa waktu kedepan Pemerintah Kota Serang dapat kembali menyalurkan bantuan air bersih yang dapat diserahkan kembali kepada Masyarakat Kota Serang, sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih dan terhindar dari penyakit termasuk Stunting. (*)